The need for blockchain data propagation ( Bahasa Indonesia )

Kebutuhan Penyebaran data Blockchain

Propagasi data blockchain mengacu pada proses dimana transaksi dikirim melalui jaringan yang terdistribusi dan dimasukkan kedalam blok yang ada di blockchain sebagai alat konfirmasi. Meskipun desentralisasi memiliki banyak keuntungan, satu masalah yang muncul adalah bagaimana data akan dikirim kedalam jaringan yang tidak memiliki server pusat.Pengiriman data pada sistem centralisasi sangat simple,sedangkan sistem data yang terdistribusi seperti Bitcoin, Ethereum dikirim melalui jaringan peer-to-peer. Sedangkan untuk mengirim data ke server centralisasi atau terpusat , data yang dikirim akan dikirim ke ribuan atau jutaan node. Karena latensi jaringan, pasti akan lama sekali untuk mengirim data pada setiap node yang ada, oleh karena itu propagasi data pada blockchain sangatlah penting untuk efisiensi jaringan.

✨ Bagaimana blockchain propagasi data

Contohnya , kamu mau kirim 1 BTC ke orang lain. Jaringan Bitcoin gak perlu mengirim data kamu ke seluruh jaringan karena akan memakan waktu yang lama dan gak efisien. Alih-alih Transaksi yang valid dan tidak bertentangan dikirim ke para “Miner” (Node), yang juga menyebarkan data kepada para tetangga mereka yang disebut protokol “gossip” . Seperti kamu lagi ngomongin orang dibelakang mereka “ngegossip” gitu, Node hanya menyebarkan data ini ke node lain yang ada disekitar mereka. Proses ini akan terus terulang sampai transaksi tersebar keseluruh jaringan. Grafik menyarankan bahwa metode seperti ini lebih efisien daripada menyebarkan transaksi ke seluruh jaringan sekaligus.

📣 Batas limit penyebaran

Meskipun metode penyebaran lebih efisien, tetap ada batasannya. Pertama, Masih butuh waktu agar transaksi tersebar keseluruh jaringan apalagi kalau jaringannya sangat besar, kebanyakan blockchain menangani masalah ini dengan memberikan limit dalam penyebaran data. Contohnya/, Bitcoin menghasilkan blok setiap 10 menit. Tapi solusi ini menimbulan masalah lain ketika data tidak tersebar secara menyeluruh keseluruh jaringan sebelum blok baru dihasilkan.

Katakanlah Klien A mengirim 1 BTC ke klien B, datanya tersebar di jaringan tapi pada saat blok baru akan dihasilkan , jaringan yang lain belum menerima data dan malah menerima transaksi alternatif, seperti Klien C mengirim Klien D 2 BTC. Masalah ini diselesaikan dengan Mekanisme Konsensus , dalam Web3 Mekanisme Konsensus yang sering digunakan adalah ; Proof of Work, Proof of Stake, Delegated Proof of Stake, Proof of Authority, and Proof of History. Metode verifikasi ini sangatlah penting karena mereka memberikan jaringan yang terdesentralisasi akses untuk memverifikasi data tanpa memperlambat produksi blok.

⚡ Kesimpulan

Penyebaran data dalam Blockchain adalah hal yang sangat penting untuk mengerti dasar dari Web3. Menggunakan koornasi jaringan untuk mempelajari latensi antar komputer dalam jaringan terdesentralisasi berkontribusi pada optimalisasi penyebaran data di masa depan dan merupakan faktor kunci dalam menentukan kelayakan sistem dibandingkan dengan jaringan terpusat.

Tentang Massbit

MassBit menyediakan solusi terdesentralisasi sepenuhnya untuk pengembangan proyek Defi dan Aplikasi Web3. Saat ini MassBit memiliki 3 produk dalam tahap pengembangan; Massbit Route, MassBit Cross-Chain Indexing and MassBit Insights. MassBit memungkinkan pengembangan Aplikasi DeFi dan Web3 menjadi lebih cepat, stabil, terskala, dan lebih hemat biaya.

‘Perekat’ kuat yang menyatukan dan mendukung semua produk adalah MassBit Verification Protocol, yang didasarkan pada bukti kepemilikan(Proof-of-Stake). Protokol memberi insentif kepada para worker di dalam sistem untuk memverifikasi pekerjaan satu sama lain. Verifikasi node lain, gateway, atau pengindeks memberikan hadiah atau hukuman atas kesalahan untuk setiap individu atau entitas. Dari situ, protokol memastikan kesehatan seluruh jaringan.

Follow MassBit community

Website| Twitter| Medium| Youtube| Facebook| Instagram | Discord |Telegram

--

--

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store